Friday, September 12, 2008

komputer dari generasi ke generasi


Computer dari generasi ke genarasi
Genrasi I
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Jenis computer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer ). Computer ini didesain oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania. Komputer ini mulai dibangun pada 17 Mei 1943 untuk kepentingan Angkatan Darat AS. Tujuan dikembangkannya eniac ini adalah untuk menghitung arah dan jarak tembak rudal balistik di PD II lewat tabel tembakan senjata. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m² dan mengkonsumsi energi sebesar 160 kW. beberapa tabung memang terbakar hampir setiap harinya sehingga ENIAC tidak berfungsi sekitar setengah hari. Dengan berbagai kelemahan yang ada, ENIAC beroperasi hingga 2 Oktober 1955

Generasi II
Dengan ditemukannya transistor Pada tahun 1948 perkembangan computer menjadi lebih canggih. Karenanya, Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan computer yang mengakibatkan, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Generasi III
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Sedangkan generasi IV adalah PC di rumah-rumah. Untuk materi selengkapnya silahkan download di sini

0 comments: